SELAMAT DATANG di Situs Resmi Bagian Humas Sekretariat Daerah - Pemerintah Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau

Wakil Bupati Natuna Sambut Baik Rencana Pengembangan Geopark di Natuna

Saat ini Kabupaten Natuna sedang berupaya mengembangkan salah satu sektor potensial yang dirasa mampu mendukung pertumbuhan ekonomi daerah, seperi pariwisata dengan beberapa destinasi wisata yang sedang dalam tahap pembenahan fasilitas dan infrastruktur pendukung.

Adapun karakter destinasi wisata yang ada lebih bersifat geowisata dengan kondisi alam yang masih sangat alami dan memiliki daya tarik tersendiri. Namun untuk menciptakan sektor pariwisata yang produktif, sangat dibutuhkan campur tangan pemerintah pusat terutama mengingat keterbatasan anggaran dan kemampuan sumberdaya manusia.

Hal tersebut diterangkan Wakil Bupati Natuna, Ngesti Yuni Suprapti ketika menerima kunjungan dari Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumberdaya Mineral (Kemen ESDM), di ruang kerjanya, Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Natuna, Jalan Batu Sisir Bukit Arai, Ranai, Jum’at (25/5) pagi lalu.

Turut hadir pada kesempatan tersebut, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kepala Bagian Minyak dan Gas Setda Kabupaten Natuna dan beberapa staf.

Menurut Ngesti, program kerja Badan Geologi Kemen ESDM yang berencana untuk melakukan penelitian dan pengembangan geopark merupakan salah satu peluang bagi Kabupaten Natuna untuk mendukung pengembangan sektor pariwisata daerah. untuk itu, pemerintah daerah akan sangat mendukung hal tersebut dengan harapan kajian dan pertimbangan yang akan disampaikan kepada pihak Kemen ESDM dapat berdampak positif bagi pembangunan daerah kedepan.

Penyelidik Bumi Utama Pusat Air Air Tanah dan Geologi Rata Lingkungan Badan Geologi Kemen ESDM, Oki Oktariadi menerangkan bahwa pihaknya berencana melakukan riset, penelitian dan nantinya akan dilaporkan bagi rencana pengembangan geopark seperti gunung, batu dan laut di wilayah Kabupaten Natuna.

Oki menerangkan bahwa konsep Geopark adalah mengembangkan kawasan yang didalamnya tersebar keragaman geologi, diantaranya bermakna warisan geologi yang terdapat berdekatan dengan wilayah terbangun dan dikelola dengan mengintegrasikan prinsip konservasi dan tata ruang.

Pada tahun 2018 sebagaimana yang terdaftar dalam Geopark Global Unesco, terdapat 8 Geopark diseluruh dunia, empat diantaranya berada diAsia Tenggara, yaitu 2 di Indonesia dan sisanya berada di Thailand dan Vietnam.(Humas_Pro/Endang)

 

RILIS PERS, Nomor : 651 /IP/HUMAS-PROTOKOL/2018