SELAMAT DATANG di Situs Resmi Bagian Humas Sekretariat Daerah - Pemerintah Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau

Bangga Memakai Produk Indonesia

Banyaknya produk buatan luar negeri yang beredar di Indonesia, membuat masyarakat lebih mempercayai dan bangga menggunakan produk buatan luar negeri ketimbang dalam negeri. Padahal kualitas produk-produk buatan dalam negeri mungkin diatas produk tiruan buatan Cina yang membanjiri Indonesia. Sebenarnya produk dalam negeri sangat mungkin untuk menjadi “raja” dirumahnya sendiri, karena didukung oleh beberapa hal, yaitu pengetahuan serta dukungan media dan teknologi.

Ilmu pengetahuan yang berkembang di Indonesia, membuat anak-anak SMK di Surakarta ini mampu membuat mobil Esemka. Meskipun mobil ini belum lulus uji emisi, namun kita patut berbangga karena tidak pernah terbayang sebelumnya bahwa anak-anak SMK mampu merakit mobil sendiri. Inilah yang menjadi salah satu bukti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia. Di tengah maraknya produk luar yang mendominasi, anak-anak SMKN 2 Surakarta ini bisa membuktikan bahwa Indonesia juga mampu menyaingi produk-produk luar negeri.

Yang kedua adalah adanya dukungan media dan teknologi. Perkembangan teknologi internet dan sosial media berperan penting dalam mengenalkan produk-produk buatan Indonesia. Dengan adanya kemudahan untuk mendapatkan informasi dan perkembangan tentang produk-produk tersebut, bukan tidak mungkin jika produk-produk dalam negeri nantinya akan menjadi “raja” di negerinya sendiri.

Produk-produk buatan Cina pun seakan tidak kalah untuk ikut mendominasi pasar Indonesia. Produk-produknya yang kebanyakan “kualitas nomor dua”, nyatanya tetap dinikmati masyarakat Indonesia. Karena sebagian masyarakat Indonesia beranggapan, jika tidak sanggup membeli produk luar bermerk yang harganya menjulang tinggi, membeli produk “kualitas nomor dua” pun sudah cukup. Padahal produk-produk tiruan ini belum tentu berkualitas sama dengan produk aslinya. Biasanya mereka hanya mementingkan kemiripan produk dan bentuk daripada kualitasnya.

Dengan adanya produk dalam negeri, diharapkan mampu menggali potensi masyarakat dalam membuat produk-produk yang setara dengan produk luar yang telah mendunia, sehingga dapat menjadi pemacu bagi para produsen untuk lebih serius dalam mengembangkan dan mengerjakan produknya. Jika bukan kita yang bangga memakai produk Indonesia, siapa lagi?

Penulis : Santi Mardiati