SELAMAT DATANG di Situs Resmi Bagian Humas Sekretariat Daerah - Pemerintah Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau

Bupati Natuna Kunjungan Kerja di Kecamatan Serasan dan Serasan Timur

Sabtu (29/09) pagi Bupati Natuna, Drs. H. Abdul Hamid Rizal,M.Si didampingi Yonannes (Anggota DPRD), Sekretaris Daerah (Wan Siswandi) dan beberapa pimpinan Organisasi Perangkat Daerah terkait berkunjung ke Kecamatan Serasan dalam rangka memantau perkembangan pelaksanaan pembangunan.

Setelah disambut hangat oleh masyarakat saat ketibaan di Pelabuhan Kecamatan Serasan, rombongan kunjungan kerja menuju Gedung BPMKS Desa Pelimpak Kelurahan Serasan untuk menghadiri acara Temu Ramah dengan jajaran pemerintahan dan masyarakat kecamatan Serasan dan Serasan Timur.

Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa saat ini Kabupaten Natuna sedang menyongsong percepatan pembangunan diseluruh wilayah, dimana salah satunya Kecamatan Serasan dan Serasan Timur dengan potensi unggulan yang dapat dikembangkan terutama pada sektor pariwisata dan perikanan yang dirasa dapat memberikan nilai tambah pada upaya peningkatan ekonomi masyarakat.

Namun untuk mewujudkan hal diatas, upaya peningkatan Sumberdaya Manusia merupakan permasalahan yang sangat fundamental, karena untuk mewujudkan potensi unggulan harus didukung oleh unsur penggerak yang mampu mengemas potensi tersebut menjadi bernilai jual.

Faktor lain yang menjadi penentu keberhasilan percepatan pembangunan diatas adalah ketersediaan listrik, dimana dijelaskan berdasarkan wacana Kementerian ESDM RI, pada tahun 2019 seluruh desa di Indonesia telah dialiri listrik bagi penerangan. Namun Kabupaten Natuna patut merasa bersyukur karena berdasarkan pertimbagan  sebagai salah satu wilayah perbatasan, hal tersebut akan diwujudkan pada tahun 2018 (setahun lebih cepat/menjadi prioritas).

Beliau melanjutkan bahwa terkait kebiasaan masyarakat setempat yang melakukan perdagangan/ tukar barang di wilayah Semitan yang merupakan bagian dari wilayah negara Malaysia, bagi menjamin legalitas dan kelancaran proses perdagangan antar negara tersebut, pemerintah daerah telahpun berkoordinasi dengan kementerian terkait  agar pembangunan Pos Lintas Batas dapat segera dibangun.

Pada kesempatan yang sama, Camat Serasan, Edy Priyoto menyampaikan bahwa pada tanggal 25 Juni 2017 lalu Kapal Pelni Bukit Raya perdana sandar di Pelabuhan Serasan. Namun dalam pelayanannya masih terdapat kekurangan fasilitas, yaitu instalasi air bersih bagi kebutuhan Kapal yang sandar serta tangga turun naik penumpang. Oleh karenanya diharapkan kepada Dinas Perhubungan Kabupaten Natuna untuk dapat memenuhi fasilitas tersebut bagi mengoptimalkan pelayanan bagi masyarakat.

Bupati Natuna juga menyerahkan Bantuan Pelampung keselamatan bagi nelayan Kecamatan Serasan dan Serasan Timur. Selanjutnya beliau beserta rombongan berkesempatan meninjau beberapa proyek fisik tahun 2017 yang dibangun di wilayah Kecamatan Serasan Timur.

(Humas_P/Rdw)

photo : ery

RILIS PERS, Nomor : 456 /IP/HUMAS-PROTOKOL/2017