SELAMAT DATANG di Situs Resmi Bagian Humas Sekretariat Daerah - Pemerintah Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau

Focus Group Discussion II Penyusunan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) LOKPRI Serasan Kab. Natuna Provinsi Kepri

Bupati Natuna diwakili Asisten Administrasi Sekretariat Daerah, Drs. H. Izwar Asfawi memimpin rapat Fokus Group Discusion II Penyusunan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) LOKPRI Serasan Kab. Natuna Provinsi Kepulauan Riau di Ruang Rapat Kantor Bupati Natuna Jl. Batu Sisir Bukit Arai,kamis (19/10) siang.

Pada kesempatan tersebut beliau menyampaikan bahwa Kab. Natuna memiliki beberapa Kecamatan yang berbatasan langsung dengan negara tetangga, antara lain, Kecamatan Bunguran Barat, Kec. Serasan, Kec. Midai dan Kec. Pulau Laut yang saat ini menjadi perhatian Pemerintah Pusat bagi upaya percepatan pembangunan disegala bidang. Diantaranya pada potensi wisata yang dirasa mampu menjadi sektor unggulan bagi peningkatan pendapatan daerah sekaligus peluang lapangan kerja masyarakat.

Namun agar rencana program kerja tidak terkesan tumpang tindih antara kewenangan Pemerintah Pusat dengan Pemerintah Daerah, koordinasi yang solid harus dibangun terutama terkait rencana tata ruang wilayah. Oleh karenanya diharapkan kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait agar dapat memberikan pendapat berupa data dan evaluasi yang telah diselenggarakan selama ini bagi penyelenggaraan program kerja yang lebih tepat sasaran bagi mencapai sektor pariwisata di Kecamatan Serasan yang lebih produktif dimasa mendatang.

Pada kesempatan yang sama perwakilan dari rombongan BNPP/Konsultan, Agus Salim menyampaikan tujuan kegiatan ini adalah untuk untuk mendapatkan masukan dari semua pihak bagi menyempurnakan program kerja yang akan direalisasikan pada terutama bagi pengembangan sektor pariwisata daerah.

Beliau melanjutkan bahwa Kawasan Perencanaan meliputi beberapa kategori, diantaranya pulau kecil yang mempunyai berbagai limitasi dalam pengembangan, potensi perikanan laut dan budidaya perikanan prospek untuk dikembangkan, ekonomi local relative bergantung pada Negara tetangga diwilayah lautnya, terbatasnya sarana dan prasarana, kawasan yang dipungsikan sebagai pusat kegiatan local dan katagori pulau-pulau kecil terluar dan masuk dalam entri point. Berdasarkan kategori tersebut, Kecamatan Serasan termasuk kategori yang harus diberikan perhatian khusus bagi pengembangannya.

Beliau berharap ada singkronisasi antara Pemerintah Daerah Dan Pemerintah Pusat dalam keseriusan mengembangkan daerah tersebut serta memberikan suatu bentuk perencanaan ruang yang lebih detail dan terperinci.

(Humas_P/Endang)

photo : eki

RILIS PERS, Nomor : 480 /IP/HUMAS-PROTOKOL/2017