SELAMAT DATANG di Situs Resmi Bagian Humas Sekretariat Daerah - Pemerintah Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau

Kemendagri akan Fokuskan Kebijakan yang berorientasi Pembangunan Wilayah Kepulauan

Wakil Bupati Natuna, Ngesti Yuni Suprapti menghadiri Konferensi Pemerintah Daerah Kepulauan, bertempat di Meeting Room Swiss Bell Hotel Harbour Bay, Batam, Senin (29/1). Dalam kegiatan tersebut, hadir Sekjen Kementerian Dalam Negeri RI, Hadi Prabowo, Wakil Ketua DPR RI, Fahri Hamzah, Wakil Ketua DPD RI, Direktur Transfer Non Dana Perimbangan Ditjen Perimbangan Keuangan, Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Indonesia yang tergabung dalam Badan Kerjasama Konferensi Kepulauan serta Anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Provinsi Kepulauan Riau.

Dalam arahan tertulis Kemendagri RI yang disampaikan oleh Sekjen Kemendagri menjelaskan bahwa bahwa Kementerian yang dipimpinnya saat ini telah menyusun Rancangan Perundang-Undangan tentang Kewenangan Daerah Provinsi yang Berciri Kepulauan Indonesia, sebagai bentuk sinergitas bagi mewujudkan Nawacita Presiden RI, menjadikan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia.

Menurutnya, potensi kelautan dan kepulauan di Indonesia begitu melimpah, oleh karenanya harus ditetapkan kebijakan untuk memberikan peluang bagi pemerintah daerah berupa kewenangan bagi pengelolaannya secara bijak untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat sekaligus berbagai upaya menjaga penjaga potensi tersebut melalui keterlibatan lembaga/satuan pengamanan wilayah yang diselenggarakan secara terpadu.

Ditambahkan pula bahwa perihal yang harus dijadikan prioritas dalam penyelenggaraan pembangunan adalah mengurai berbagai kendala menjadi potensi yang menguntungkan, diantaranya dengan membenahi konektifitas baik transportasi maupun komunikasi yang akan berdampak positif bagi pelaksanaan sektor lainnya, diantaranya pembangunan berbagai fasilitas fisik, peningkatan mutu pelayanan, memperpendek rentang kendali dan peningkatan ekonomi masyarakat.

Konferensi tersebut dibuka secara resmi oleh Sekjen Kemendagri ditandai dengan pemukulan Gong. Gubernur Kepri juga menyerahkan cenderamata berupa tanjak ciri khas masyarakat melayu, kepada Sekjen Kemendagri, segenap pejabat pemerintah pusat dan para gubernur yang hadir pada kegiatan tersebut. (Humas_Pro/Hs)

RILIS PERS, Nomor : 576 /IP/HUMAS-PROTOKOL/2018