SELAMAT DATANG di Situs Resmi Bagian Humas Sekretariat Daerah - Pemerintah Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau

Pelatihan Keterampilan Usaha bagi Keluarga Miskin Kabupaten Natuna, Tahun 2017

Salah satu capaian target pembangunan dan penyelenggaraan pemerintah adalah mewujudkan kesejahteraan yang merata melalui upaya pengetasan kemiskinan sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2009 Pasal 12 ayat (1), yaitu memberdayakan seseorang, keluarga, kelompok dan masyarakat yang mengalami masalah kesehahteraan sosial agar mampu memenuhi kebutuhannya secara pribadi. Hal ini selalu menjadi fokus pemerintah daerah mengingat Kabupaten Natuna dengan jumlah penduduk kurang lebih 75.282 jiwa terdiri dari penduduk dibawah garis kemiskinan berdasarkan Basis Data Terpadu (BDT) Tahun 2016 sejumlah 4.838 jiwa atau 6,43 %.

Untuk menyikapi kondisi tersebut, Pemerintah Kabupaten Natuna dalam upaya penanggulangan kemiskinan berbasis masyarakat telahpun menetapkan program kerja yang diselenggarakan melalui Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, dimana program tersebut bertujuan untuk meningkatkan pemberdayaan masyarakat menuju kemandirian ekonomi dan kesejahteraan.

Hal itu disampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten Natuna, Wan Siswandi,S.Sos.,M.Si dalam acara Pembukaan Pelatihan  Usaha bagi Keluarga Miskin Kabupaten Natuna, Tahun 2017, di Ruang Rapat Asrama Haji Komplek Natuna Gerbang Utaraku, Ranai, Senin (20/11) pagi, dihadiri oleh Asisten III Setda Kabupaten Natuna, Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah dan peserta kegiatan.

Lebih lanjut beliau menambahkan bahwa upaya penanggulangan kemiskinan saat ini sudah bergeser pada pembangunan kualitas dan ketahanan keluarga dalam menyikapi permasalahan sosial dan kesejahteraan, yaitu kemampuan keluarga dalam mengelola sumberdaya keluarga untuk memenuhi kebutuhan fisik maupun psikososial keluarga.

Oleh karenanya, solusi tepat dalam menyikapi kondisi ini tidak lain adalah dengan meningkatkan kemampuan dan keterampilan keluarga sehingga memiliki modal dasar terutama bagi menggerakkan potensi keluarga bagi memenuhi kebutuhan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan.

Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Hj. Kartina Riauwita,S.Sos dalam laporannya menyampaikan bahwa tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan modal keterampilan agar kedepan keluarga miskin mampu memenuhi kebutuhan dan peran sosial secara mandiri.

Adapun kegiatan ini akan diselenggarakan selama 5 hari (20 s.d 24 November 2018) dengan peserta berjumlah 42 orang yang berasal dari 12 kecamatan.(Humas_P/Sri,Diana)

photo : ery

RILIS PERS, Nomor : 514 /IP/HUMAS-PROTOKOL/2017