SELAMAT DATANG di Situs Resmi Bagian Humas Sekretariat Daerah - Pemerintah Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau

Pembukaan FGD Terkait Riset “Identifikasi Potensi Ekonomi Daerah Terpencil Didukung Elektrifikasi Dari Energi Terbarukan”

Bupati Natuna, Drs. H. A. Hamid Rizal M.Si membuka kegiatan Forum Group Discussion (FGD) Terkait Riset “Identifikasi Potensi Ekonomi Daerah Terpencil Didukung Elektrifikasi dari Energi Terbarukan” di Aula Natuna Hotel, Ranai Darat Kamis (06/04) Pagi, dihadiri oleh Direktur Departemen Riset Kebanksentralan, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kepri, perwakilan Kementerian KKP, Kementerian ESDM, Dewan Riset Nasional, Ketua Tim Survei IPB, Penelitian IPB, Perwakilan Koperasi Nelayan, Perwakilan badan usaha pengolahan ikan.

Beliau menyampaikan bahwa tema riset kali ini sangat menarik dan memungkinkan untuk diterapkan di Kabupaten Natuna karena terdapat beberapa sumber energi terbarukan yang belum dapat dimanfaatkan, diantaranya tenaga air, gelombang, angin, panas bumi dan beberapa energi yang dapat dimanfaatkan menjadi sumber energi listrik.

Jika hal ini dapat terealisasi, akan memberikan manfaat bagi pengembangan potensi ekonomi masyarakat diberbagai sector, mulai dari pengelolaan potensi perikanan, perdagangan, pariwisata dan potensi lainnya.

Namun beliau menyadari bahwa untuk mewujudkan hal diatas harus melalui kajian dan perencanaan secara mendalam, akan tetapi besar harapan agar hal ini dapat menghasilkan informasi yang bermanfaat bagi rencana realisasi pemanfaatan energi terbarukan di Kabupaten Natuna bagi memenuhi kebutuhan listrik untuk pengembangan potensi ekonomi daerah.
Pada kesempatan yang sama Kepala Bank Indonesia Kepulauan Riau, Gusti Raizal Eka Putra mengatakan bahwa masukan –masukan, pemikiran bisa muncul dari semua kalangan, steakholder dan pelaku usaha dilapangan secara lebih lengkap dan akurat. Oleh karenanya melalui kegiatan ini, informasi yang disampaikan oleh seluruh peserta kegiatan dirasa akan sangat menentukan hasil kajian yang sedang dilakukan, terutama untuk menganalisa pentingnya elektrifikasi bagi pengembangan usaha ekonomi masyarakat.

Oleh karenanya, kegiatan ini telahpun disinergikan dengan bentuk perhatian pemerintah pusat, terutama rencana pengembangan Perikanan, Kelautan dan Pariwisata yang harus ditunjang dengan pengelolaan potensi secara lebih modern, mudah dan efisien.

Pada kesempatan tersebut Direktur Departemen Riset Kebanksentralan, Wahyu Dewati menyampaikan tujuan riset adalah untuk mengetahui kondisi potensi perikanan tangkap di Kabupaten Natuna, yang nantinya akan dsimpulkan sebagai informasi sebagai dasar dan masukan bagi rancangan program pemerintah pusat bagi peningkatan produksi ikan serta didukung oleh energi yang terbarukan, misalnya listrik tenaga surya dan dikombinasikan dengan Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) dengan perhitungan investasi yang dapat ditanamkan pada sektor usaha produksi tersebut.

(Humas_P/Diana, Sri)

RILIS PERS, NOMOR : 282 /IP/HUMAS/2017