SELAMAT DATANG di Situs Resmi Bagian Humas Sekretariat Daerah - Pemerintah Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau

Pembukaan Peserta Binaan Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kab. Natuna

Wakil Bupati Natuna sekaligus sebagai Ketua LPTQ Kabupaten Natuna, Dra Hj. Ngesti Yuni Suprapti,MA membuka acara Pembinaan Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kabupaten Natuna di Aula Asrama Haji Natuna Gerbang Utaraku (NGU) Ranai, kamis (20/04) siang.

Pada kesempatan tersebut beliau menyampaikan bahwa LPTQ ini adalah lembaga penyelenggara Musabaqah Tilawatil Qur’an yang bersinergi dengan kebijakan pemerintah dalam upaya pengentasan buta aksara Al Qur’an.

Untuk saat ini, program kerja bagi pengembangan Tilawatil Qur’an akan dipusatkan di dua Pondok Pesantren yaitu Pondok Pesantren Madinatunnajah (Desa Binjai Kecamatan Bunguran Barat) dan Pondok Pesantren Miftahul Jannah (Bandarsyah Kecamatan Bunguran Timur). Pemusatan pembinaan ini dimaksudkan agar hasil yang ingin dicapai lebih maksimal, mengingat pembinaan sebelumnya yang diselenggarakan di setiap kecamatan dirasa masih menghadapi berbagai kendala.

Menurutnya, kegiatan ini bertujuan untuk menghasilkan kader Tilawatil Qur’an dari putra-putri tempatan yang lebih baik dan memiliki daya saing untuk dipersiapkan pada perhelatan resmi (STQ maupun MTQ). Melalui program pembinaan ini, delapan bulan kedepan para peserta akan menjalankan pembinaan pada 6 cabang tilawatil qur’an, yaitu Tahfiz Qur’an, Tilawah, Syarhil, Fahmil, Khotil Qur’an dan Tafsir Qur’an dengan sentral pembinaan akan diselenggarakan di Masjid Agung Natuna.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Pelaksana, Kabag Kesra, Sarifuddin,S.Ag melaporkan maksud dan tujuan kegiatan ini adalah untuk mendekatkan realitas bagi peserta kegiatan terhadap nilai-nilai norma dan pesan yang bersipat mendalam dari isi kandungan Al Qur’ran untuk menciptakan qori dan qoriah yang memiliki daya saing dalam kegiatan tilawatil ditingkat yang lebih tinggi,serta diharapkan pula dapat berperan aktif dalam menyebarkan informasi dan pemahaman terhadap upaya mengembangkan wawasan tilawatil qur’an pada proses pembinaan di tingkat kecamatan dan didesa.
Adapun peserta kegiatan ini berjumlah 40 orang yang menjalankan pembinaan pada dua bidang yaitu pembinaan cabang Tahfiz Qur’an yang akan dipusatkan di pondok pesantren miftahul jannah bandarsyah sedangkan untuk pembinaan peserta bidang Tilawah dan Khotil Qur’an akan memanfaatkan beberapa lokasi di komplek Natuna gerbang utaraku. (Sekitar Masjid Agung Natuna)
(Humas-P/Endang)

RILIS PERS, NOMOR : 292 /IP/HUMAS/2017