SELAMAT DATANG di Situs Resmi Bagian Humas Sekretariat Daerah - Pemerintah Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau

Pengukuhan Pengurus Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Natuna Masa Khidmat 2017-2021

Bupati Natuna, Drs. H. Abdul Hamid Rizal, M.Si menghadiri Pengukuhan Pengurus Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Natuna di Aula Asrama Haji Kab. Natuna, Jum’at (13/04) Sore. Pada kesempatan tersebut turut hadir Ketua DPRD Kabupaten Natuna, Yusripandi, Sekda Natuna, Wan Siswandi dan beberapa Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Pengurus MUI Kab. Natuna. Adapun pengukuhan dilakukan oleh Ketua MUI Provinsi Kepulauan Riau, yang diwakili oleh H. Bambang waryono, M.Pd.

Dalam sambutannya, Hamid Rizal menyampaikan bahwa amanat pembangunan yang terus menerus dilaksanakan tidak lain untuk mewujudkan kemajuan disegala bidang, membantu pertumbuhan ekonomi guna meningkatkan kesejahteraan yang merata serta menciptakan pembangunan sumber daya manusia yang ideal, berkarakter serta berdaya saing dimana dalam pelaksanaannya tidak jarang kemajuan dan berbagai perubahan yang terjadi bersinggungan dengan nila-nilai ketuhanan dan kandungan budaya tempatan yang mempengaruhi tatanan sosial dan pengaruh pergaulan masyarakat.

Pada kesempatan yang sama, Hamid Rizal juga menyampaikan pengikisan nilai norma dan budaya tempatan sepatutnya menjadi perhatian kita bersama, bukan hanya menjadi tanggung jawab Pemerintah semata dalam menyaring pengaruh negatif dari kemajuan pembangunan itu sendiri.

“Sebagai masyarakat melayu yang mempunyai nilai tamadun yang terkandung dalam ajaran agama islam, sangat kental mempengaruhi tantanan sosial dari zaman ke zaman. hal ini terjadi karena peran serta para ulama, pemuka adat dan berbagai unsur didalamnya berjalan secara beriringan dan saling mendukung untuk mewujudkan masyarakat yang madani” tutur Hamid Rizal.

Selanjutnya Hamid Rizal berharap kepada Pengurus Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Natuna yang baru dikukuhkan untuk dapat menjunjung tinggi amanat dan mampu menjadi ujung tombak demi menyaring berbagai dampak negatif yang muncul seiring kemajuan pembangunan yang kita selenggarakan.

Pada kesempatan yang sama Ketua MUI Provinsi Kepulauan Riau, yang saat itu diwakili oleh H. Bambang waryono, M.Pd menyampaikan ada 3 tanggung jawab besar MUI, diantaranya :
1. Tanggung jawab keagamaan, yaitu bagaimana agama dan Negara bisa sejalan dengan kepentingan majelis ulama yang sangat dibutuhkan bagi Negara.
2. Tanggung jawab keumatan, yaitu bagaimana kepentingan umat bisa sejalan dengan kepentingan agama dan Negara.
3. Tanggung jawab berbangsa dan bernegara, menjaga keutuhan bangsa dan Negara demi Parsatuan Indonesia.

Selanjutnya beliau berpesan kepada pengurus yang baru agar sering mengadakan rapat, guna menyaring permasalahan yang ada di masyarakat. (Humas_Pro/Endang)

photo : #pcs

RILIS PERS, Nomor : 633 /IP/HUMAS-PROTOKOL/2018