SELAMAT DATANG di Situs Resmi Bagian Humas Sekretariat Daerah - Pemerintah Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau

Rapat Koordinasi Dewan Ketahanan Pangan Kabupaten Natuna Tahun 2017

Bupati Natuna, Drs. H. Abdul Hamid Rizal,M.Si membuka secara Resmi Rapat Koordinasi Dewan Ketahanan Pangan Kabupaten Natuna, Tahun 2017, di Ruang Rapat Kantor Bupati Natuna, Bukit Arai Ranai, Selasa (2/8) pagi

Menurutnya sampai saat ini Kabupaten Natuna masih sangat bergantung pada penyaluran bagi pemenuhan pangan dari daerah lain. Hal ini dikarenakan Pemerintah Daerah belum mampu mengelola secara mandiri berbagai komoditi bahan pangan terutama yang bersumber dari potensi sumber daya alam yang ada.

Hal ini dikarenakan moda transportasi daerah masih belum memadai yang menyebabkan biaya penyaluran tinggi yang berimbas pada kenaikan harga pangan di pasar daerah

Namun dibalik kendala diatas strategi yang mungkin dapat dilaksanakan dalam mewujudkan ketahanan pangan daerah adalah memanfaatkan sumberdaya alam yang ada menjadi lebih produktif, terutama pada sektor pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan dan berbagai sektor lainnya.

Akan tetapi hal tersebut membutuhkan program kerja yang sinergi antara seluruh unsur secara kelembagaan sekaligus memaksimalkan pemberdayaan masyarakat untuk mendukung terwujudnya kemandirian pangan.

Untuk itu Bupati Natuna berharap melalui kegiatan ini tercetus ide strategi yang terukur berasaskan kerjasama, kesatuan dan keselarasan untuk mewujudkan ketahanan pangan di kabupaten natuna dalam aspek kesediaan, keterjangkauan, konsumsi ketahanan pangan yang cukup, aman, bermutu serta bergizi seimbang.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Dekan Sumber Daya Kerjasama & Pengembangan Guru Besar Ilmu dan Teknologi Pangan Prof. DR. Selamet Budjiyanto,M,Agr, yang berkesempatan menjadi narasumber pada kegiatan tersebut mengatakan bahwa pangan merupakan sesuatu yang sangat penting bagi kehidupan manusia yang berasal dari sumber hayati produk pertanian, perkebunan, kehutanan, perikanan, peternakan, perairan dan air baik diolah maupun tidak diolah yang diperuntukan sebagai makanan atau minuman bagi konsumsi manusia.

Untuk itu ketahanan pangan adalah kondisi terpenuhinya pangan bagi Negara sampai dengan perseorangan yang tercermin dari tersedianya pangan yang cukup, baik jumlah maupun mutunya, aman, beragam, bergizi, merata, dan terjangkau serta tidak bertentangan dengan agama, keyakinan, dan budaya masyarakat.

Hadir pada kesempatan tersebut segenap anggota Dewan Ketahanan Pangan Kabupaten Natuna yang merupakan pimpinan Organisasi Perangkat Daerah serta beberapa pimpinan lembaga vertikal.

(Humas-P/Endang)

RILIS PERS, Nomor : 380 /IP/HUMAS-PROTOKOL/2017