SELAMAT DATANG di Situs Resmi Bagian Humas Sekretariat Daerah - Pemerintah Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau

Rapat Paripurna Dalam Rangka Peringatan Hari Jadi Kabupten Natuna Ke – 18

Dalam Rangka Memperingati Hari Jadi Kabupten Natuna Ke – 18, tahun 2017, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Natuna menggelar Rapat Paripurna Istimewa, di Ruang Rapat DPRD Kabupten Natuna, Kamis (12/10) Siang.

Dalam sambutannya Ketua DPRD Kabupaten Natuna, Yusripandi menyampaikan apresiasi terutama bagi Pemerintahan Hamid-Ngesti dimana selama dua tahun kepemimpinan telah berhasil membawa kemajuan cukup signifikan. Hal ini dapat dilihat dengan dicanangkan program nasional percepatan pembangunan daerah perbatasan yang sangat menguntungkan bagi masyarakat Kabupaten Natuna.

Selanjutnya dikatakan pula bahwa ditengah perkembangan pembangunan yang terus berjalan hendaknya masyarakat tetap memelihara nilai – nilai adat istiadat, budi pekerti yang luhur dan terus menjaga iklim sosial yang kondusif terutama dalam rangka menarik kunjungan wisata dan investasi baik dari dalam maupun luar negeri.

Pada kesempatan yang sama Bupati Natuna, Drs. H. Abdul Hamid Rizal. M.Si memaparkan berbagai pembangunan dibidang prioritas yang dilaksanakan telah membuahkan hasil cukup mengembirakan sebagaimana dapat dilihat dari beberapa indikator pembangunan, antara lain :
1. Indeks Pembangunan Manusia (IPM)
Pada tahun 2016. IPM Kabupten Natuna telah mencapai angka 71,23 dengan besaran peningkatan 0,36 point. Hal ini menunjukkan pembangunan manusia di Kabupaten Natuna berstatus tinggi dan tertinggi keempat Se-Provinsi Kepulauan Riau setelah Kabupten Bintan, Kota Tanjungpinang dan Kota Batam.
2. Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Perkapita
Pada tahun 2016, PDRB Perkapita atas dasar harga berlaku mencapai Rp. 65,21 ribu. Angka tersebut mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya yakni sebesar Rp. 59,50 ribu.
3. Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja (TPAK)
Pada tahun 2016, angka TPAK meningkat mencapai 64,52 dibanding dengan tahun sebelumnya sebesar 64,50.
4. Kualitas Kesehatan
Selama periode 2012 – 2016, Kabupaten Natuna telah berhasil meningkatkan angka harapan hidup dari 62,85 tahun menjadi 63,99 tahun.
5. Kualitas Pendidikan
Peningkatan terjadi setiap tahunnya dimana pada tahun 2016 mencapai angka 8,46 tahun.
6. Pertumbuhan Ekonomi
Pada tahun 2016, sebesar 6,09% meningkat dari tahun 2015 hanya sebesar 5,82%. Pertumbuhan Ekonomi didominasi oleh 3 sektor, yaitu sektor perdagangan besar dan eceran (10,08%), Informasi dan Komunikasi (9,03%) serta Transportasi dan Pergudangan 8,77%).
Seterusnya, berkenaan dengan pencapaian pembangunan saat ini, Kabupaten Natuna juga telah menerima beberapa penghargaan dari Pemerintah Pusat maupun Organisasi/Lembaga, diantaranya :
1. Penghargaan terhadap indeks transparansi pengelolaan keuangan daerah terbaik untuk regional Sumatra yang diberikan oleh Program Magister Akuntansi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gajah Mada
2. Penghargaan National Procurement Award 2016 pada kategori “LPSE FIGHTING SPIRIT” bagi LPSE Kabupten Natuna
3. Penghargaan dari Gubernur Kepulauan Riau sebagai juara lomba evaluasi perkembangan Desa/Kelurahan tingkat Provinsi Kepulauan Riau tahun 2016
4. Penghargaan dari Kementrian Pendayagunaan Aparatur dan Reformasi Birokrasi yang disampaikan atas prestasi dalam akuntabilitas kinerja tahun 2016.
Sudah banyak hal yang tercapai, namun kedepan lebih banyak harus dilakukan untuk memenuhi keberhasilan dalam membangun Kabupaten Natuna yang maju dan Sejahtera melalui penjabaran dalam visi dan misi pembangunan untuk mewujudkan “Masyarkat Natuna Yang Cerdas Dan Mandiri Dalam Kerangka Keimanan Dan Budaya Tempatan.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati Natuna, Anggota DPRD Kabupaten Natuna, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD), Sekretaris Daerah, Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Tokoh Perjuangan Kabupaten Natuna (Bapak Prof. DR. Ryaas Rasyid, M.A.Ph,D), mantan Bupati Natuna periode 2011-2016 (Drs. Ilyas Sabli. M.Si) , Tokoh Agama, Pemuka Adat dan Tokoh Masyarakat.

(Humas_P/Zq)

photo : endik

RILIS PERS, Nomor : 467 /IP/HUMAS-PROTOKOL/2017