SELAMAT DATANG di Situs Resmi Bagian Humas Sekretariat Daerah - Pemerintah Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau

Serah Terima Tanggung Jawab Sosial Tahun Anggaran 2016 Di Desa Mekar Jaya Kecamatan Bunguran Barat

Wakil Bupati Natuna, Dra. Hj. Ngesti Yuni Suprapti, MA menghadiri kegiatan Serah Terima Program Tanggungjawab Sosial Bertempat di Gedung Serba Guna Desa Mekar Jaya, Kecamatan Bunguran Barat, Rabu (27/09) pagi. kegiatan tersebut dihadiri juga oleh beberapa Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah Terkait, Manager Government Relation Medco E&P Natuna, Community Investment Manager Premier Oil Natuna Sea BV, Camat dan Uspika Kecamatan Bunguran Barat, Kades dan BPD Mekar jaya dan masyarakat setempat.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Natuna mengatakan bahwa dalam pengelolaan minyak dan gas bumi, pemerintah telahpun menetapkan bentuk dan ketentuan pokok yang wajib dipenuhi oleh pihak Kontraktor Kontak Kerja Sama (KKKS) minyak dan gas bumi yang diberlakukan untuk wilayah kerja tertentu dengan mempertimbangkan resiko dan manfaat sebesar-besarnya bagi negara.

Dalam realisasi program Tanggung Jawab Sosial (TJS), KKKS Migas juga harus membangun relasi dengan pemerintah daerah setempat.

Karena melalui keterlibatan pemerintah Provinsi dan Kabupaten, diharapkan mampu memfasilitasi berbagai kepentingan, baik kepentingan masyarakat maupun perusahaan, yaitu melalui ” Komite Pengembangan Masyarakat Kabupaten Natuna Sektor Hulu Migas yang Terbentuk Berdasarkan Surat Keputusan Bupati Natuna Nomor 209 Tahun 2017″.

Dalam kesempatan yang sama Kepala Bagian Administrasi Keuangan Satuan Khusus Kerjasama Migas Perwakilan Sumatera Bagian Utara, Supriono menyampaikan bahwa SKK Migas akan terus berupaya dan berkomitmen melaksanakan program TJS kepada masyarakat Kepulauan Riau khususnya Natuna, sebagaimana kegiatan ini yang merupakan realisasi Program TJS tahun 2016 yang akan diserahkan kepada Pemkab. Natuna.

Adapun program tersebut adalah Rehabilitas Pelantar Rakyat Desa Mekar Jaya Kecamatan Bunguran Barat 1 Paket senilai Rp 400.000.000, Semenisasi Jogging Track Kelurahan Ranai Kota Kecamatan Bunguran Timur 1 Paket senilai Rp 626.900.000, Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJUTS) Pelabuhan Nelayan Pering, Batu Hitam, Pasar Ranai, Jemengan, Sepempang, Desa Tanjung dan Desa Kelanga sebanyak 15 Unit dengan nilai Rp 306.156.000, Penggantian Battery PJUTS Pantai Kencana 25 Unit dengan nilai Rp 13.430.000,l.

Sebelum terjadi penurunan pada sektor Hulu Minyak, sektor ini selalu dapat menyumbang sekitar 20 sampai 25 persen kepada negara. Namun kondisi saat ini, sektor migas hanya mampu menyumbang sekitar 5 sampai 10 persen saja.

Beliau berharap agar seluruh program tersebut dapat memberikan manfaat bagi masyarakat Natuna.

Serah Terima Tanggung Jawab Sosial ( TJS)/Coorporate Social Responsibility (CSR) Tahun Anggaran 2016, ditandai dengan penandatangan berita acara serah terima dan peninjauan lokasi pekerjaan Rehabilitas Pelantar Rakyat Desa Mekar Jaya Kecamatan Bunguran Barat.

(Humas_P/arf).

photo : sofian

RILIS PERS, Nomor : 454 /IP/HUMAS-PROTOKOL/2017