SELAMAT DATANG di Situs Resmi Bagian Humas Sekretariat Daerah - Pemerintah Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau

Sosialisasi Pemutakhiran Basis Data Terpadu

Kegiatan Sosialisasi Pemuktahiran Basis Data Terpadu (PBDT) Tahun 2015, dilaksanakan sebagai bentuk langkah Badan Pusat Statistik Kabupaten Natuna untuk mensosialisasikan kegiatan PBDT dalam rangka menyempurnakan dan memutakhirkan informasi rumah tangga dan individu yang terdapat dalam Basis Data Terpadu (BDT). Hal ini dikatakan oleh Sekretaris Daerah, Syamsurizon, SH.M.Si ketika membuka kegiatan sosialisasi dan pelaksanaan PBDT pada hari Senin (08 Juni 2015) siang, di ruang rapat Bupati.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala BPS, Drs.Bustami pun menjelaskan mengenai strategi penanggulangan kemiskinan berbasis keluarga, pemberdayaan masyarakat, pemberdayaan ekonomi, jaminan kesehatan, dan pengembangan BDT. Bustami memaparkan bahwa strategi penanggulangan kemiskinan yang telah dijalankan selama ini harus terus menerus diperbaiki agar lebih tepat sasaran.

Lanjutnya, BDT merupakan sistem data elektronik yang memuat informasi sosial dan ekonomi rumah tangga berikut individu dengan tingkat kesejahteraan terendah yang digunakan dalam penetapan sasaran program perlindungan sosial dan penanggulangan kemiskinan.

Hingga saat ini, BDT telah digunakan sebagai dasar penetapan sasaran program perlindungan sosial dan penanggulangan kemiskinan dalam skala nasional maupun daerah diantaranya Program Simpanan Keluarga Sejahtera (PSKS), Program Bantuan Siswa Miskin (BSM)/Program Indonesia Pintar (PIP), Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN)/Program Indonesia Sehat (PIS), dan beberapa program lainnya.

(Ditulis oleh : Staf Bag. Humas Setda – Santi)

NOMOR BERITA : 51/IP/480/HUMAS/2015