SELAMAT DATANG di Situs Resmi Bagian Humas Sekretariat Daerah - Pemerintah Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau

Sosialisasi Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014

Perwakilan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melakukan sosialisasi Undang-Undang Nomor 23 tahun 2014, tentang Pemerintah Daerah, di ruang rapat Bupati, Jumat (05 Juni 2015) pagi. Sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang sama kepada seluruh aparatur pemerintah di Kabupaten Natuna, dalam meningkatkan tugas sesuai Tupoksi (Tugas Pokok dan Fungsi) masing-masing.

Dalam Undang-Undang tersebut, terjadi perubahan cukup signifikan pada beberapa struktur pemerintahan. Salah satunya pada perubahan bentuk dari badan ke dinas. Dicontohkan Agustinus, perwakilan Kemendagri, Badan Lingkungan Hidup (BLH) akan berubah menjadi Dinas Hutan dan Lingkungan Hidup. Hal ini disesuaikan dengan Kementerian yang baru dibentuk, yakni Kementerian Hutan dan Lingkungan Hidup.

Menariknya dari perubahan ini, terletak di Badan Pertanahan Nasional (BPN), yang selama ini menginduk BPN pusat akan berubah menjadi Dinas Agraria dan Tata Ruang, mengikuti perubahan kabinet kementerian yang dibentuk, yakni Kementerian Agraria dan Tata Ruang.

Agustinus juga menambahkan bahwa berlakunya UU Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, telah mengubah hal yang mendasar dalam sistem penyelenggaraan pemerintah daerah. Diantaranya, daerah, dalam hal ini Kabupaten Natuna, diarahkan untuk mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan pelayanan, pemberdayaan dan peran serta masyarakat, serta peningkatan daya saing daerah dengan memperhatikan prinsip demokrasi, pemerataan, keadilan, dan kekhasan daerah.

(Ditulis oleh : Staf Bag. Humas Setda – Santi)

NOMOR BERITA : 49/IP/480/HUMAS/2015