SELAMAT DATANG di Situs Resmi Bagian Humas Sekretariat Daerah - Pemerintah Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau

Temu Ramah Gubernur Kepri dengan Masyarakat Kec. Bunguran Barat

Gubernur Propinsi Kepulauan Riau, Drs. H. Muhammad Sani beserta Pimpinan SKPD, FKPD Propinsi Kepulauan Riau melakukan Kunjungan Kerja di Kelurahan Sedanau Kecamatan Bunguran Barat Kabupaten Natuna, senin (11 Mei 2015) siang.

Dalam sambutannya, Gubernur menyampaikan bahwa kunjungan kali ini merupakan rangkaian agenda yang disejalankan dengan kegiatan Seleksi Tilawatil Qur’ An ke VI Tingkat Provinsi kepulauan Riau yang dilaksanakan di kota Ranai Kabupaten Natuna, dimana Kelurahan Sedanau dipandang sebagai salah satu daerah yang cukup maju, yang dapat dilihat dari tersedianya sarana umum yang memadai, serta tingkat pertumbuhan ekonomi masyarakat yang cukup pesat.

Gubernur juga menghimbau agar kedepan pembangunan dapat lebih memperhatikan sektor prioritas yang dirasa menyentuh langsung kebutuhan masyarakat banyak, baik dari sektor pelayanan kesehatan, administrasi dan peningkatan kualitas pendidikan, serta pengembangan sektor unggulan yang ada, diantaranya sektor perikanan, perdagangan pariwisata dan pertanian.

Selanjutnya ditambahkan pula bahwa sektor perdagangan merupakan salah satu sektor yang harus menjadi perhatian pemerintah Kecamatan Bunguran Barat karena sebagaimana terjadi saat ini Kelurahan Sedanau ini telah menjadi salah satu pusat perekonomian masyarakat di beberapa kecamatan sekitar, diantaranya Kecamatan Pulau Tiga dan Bunguran Utara.

Pada kesempatan tersebut beliau juga menambahkan bahwa tidak berapa lama lagi Kabupaten Natuna akan menyongsong pelaksanaan Pilkada serentak diseluruh Indonesia, diharapkan agar seluruh masyarakat dapat mendukung dengan senantiasa mewujudkan kondisi tatanan sosial yang kondusif serta tidak mudah terpancing dengan isu yang dapat menimbulkan konflik perpecahan.

Bupati Natuna, Drs. H. Ilyas Sabli,M. Si pada kesempatan yang sama, menambahkan bahwa Pemerintah Daerah dan seluruh masyarakat Kabupaten Natuna akan memberikan dukungan dan partisipasi dalam menyukseskan kegiatan STQ VI Tingkat Provinsi Kepri serta pelaksanaan Pilkada yang akan diselenggakan pada tanggal 09 Desember 2015 mendatang.

Selanjutnya ditambahkan pula bahwa 75 persen masyarakat Kabupaten Natuna berprofesi sebagai nelayan dengan luas perairan 99,25 persen dari jumlah luas wilayah tentunya sektor kelautan dan perikanan dirasa mampu menjadi potensi yang dapat mendukung kesejahteraan masyarakat dan pendapatan asli daerah.

Namun demikian pengelolaan potensi tersebut belum dapat dimaksimalkan mengingat masih banyak sarana pendukung ekonomi rakyat yang belum tersedia. Untuk itu Pemerintah Kabupaten Natuna senantiasa mengharapkan campur tangan kebijakan Pemerintah Provinsi Kepri maupun Pemerintah Pusat untuk mendukung pembangunan di Kabupaten Natuna yang saat ini sedang mengupayakan percepatan pembangunan disegala bidang.

Sebagai penutup kegiatan, Gubernur Kepulauan Riau menyerahkan Bantuan Dana Pembinaan Penyelenggaraan Pemerintah Kecamatan, Desa dan Kelurahan Tahun 2015 kepada :
1. Camat : Rp. 14.000.000.-
2. Kepala Desa : Rp. 10.000.000.-
3. Lurah : Rp. 10.000.000.-
4. BPD : Rp. 8.000.000.-
5. LPMD :Rp. 7.000.000.-
6. PMK : Rp. 7.000.000.-

Selain itu ada juga penyerahan :
* 100 sembako (Beras, Gula, Minyak)
* 5 Paket alat-alat olah raga
* 10 timbangan untuk posyandu
* 10 unit alat komunikasi
* 10 unit GPS dan fish finder
* 20 gulung kawat bubu

Penyerahan bantuan di lakukan secara simbolis dan diserahkan kepada Camat Bunguran Barat, Anggota BPD dan perwakilan kelompok nelayan.

(Ditulis oleh : Staf Bag. Humas Setda : Bernadus Rabu)

BERITA PERS, NOMOR : 34/IP/480/HUMAS/2015