SELAMAT DATANG di Situs Resmi Bagian Humas Sekretariat Daerah - Pemerintah Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau

Bupati Natuna Resmi Buka TMMD ke-102 di Kecamatan Pulau Tiga

Pelaksanaan kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 102, tahun 2018 resmi dibuka oleh Bupati Natuna, Abdul Hamid Rizal, ditandai dengan penandatanganan naskah program TMMD dan penyerahan sarana kerja kepada Prajurit TNI dan masyarakat, bertempat di Lapangan Bola Desa Sabang Mawang Kecamatan Pulau Tiga, selasa (10/7) pagi lalu.

Hadir pada acara tersebut Komandan Kodim 0318/Natuna, Kapolres Natuna, pimpian Organisasi Perangkat Daerah dilingkungan Pemerintah Kabupaten Natuna, para camat, kepala desa dan tokoh masyarakat Kecamatan Pulau Tiga dan Pulau Tiga Barat.

Sebagai Inspektur Upacara, Hamid Rizal dalam sambutannya sangat mengapresiasi pelaksanaan program TMMD yang memiliki makna penting terhadap sinergisitas antara TNI dengan masyarakat melalui dukungan pelaksanaan pembangunan daerah.

Penetapan Kecamatan Pulau Tiga sebagai lokasi kegiatan ini dirasa sangat tepat mengingat pada tahun 2020 mendatang wilayah ini akan menjadi tuan rumah pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an tingkat Kabupaten Natuna, jadi pembangunan fisik berupa jalan dan gorong-gorong ini akan sangat bermanfaat bagi mendukung pelaksanaan kegiatan dimaksud.

Hamid Rizal menjelaskan bahwa saat ini masyarakat wilayah perbatasan menghadapi permasalahan yang harus menjadi perhatian bersama, mulai dari terjadinya pengikisan rasa nasionalisme, penyalahgunaan narkoba, peredaran paham radikalisme, dan keterbatasan pelayanan kesehatan maupun pada sektor pendidikan.
untuk menangkal hal diatas, dibutuhkan kerjasama lintas sektoral dan keterlibatan semua pihak.

Oleh karenanya melalui kegiatan ini Hamid Rizal berharap keterpaduan antara TNI dan masyarakat perbatasan sebagai gambaran eksistensi negara dapat diwujudkan secara lebih baik, terutama dalam mewujudkan tatanan sosial yang kondusif dan produktif.

Dalam kesempatan yang sama Komandan Distrik Militer 0318/Natuna, Letkol Inf. Yusuf Rizal dalam laporannya menjelaskan bahwa rangkaian kegiatan TMMD kali ini meliputi kegiatan fisik yaitu pembangunan jalan lingkungan luar kecamatan sepanjang 437 Meter disertai gorong-gorong disisi jalan tersebut yang akan dikerjakan oleh personil TNI AD beserta masyarakat. Adapun sumber anggaran pekerjaan tersebut berasal dari APBD Kabupaten Natuna sebesar 850 juta rupiah.

Sedangkan kegiatan non fisik meliputi penyuluhan kesehatan, narkoba, kegiatan bela negara dan pelayanan kesehatan dan sunatan massal gratis bagi masyarakat Kecamatan Pulau Tiga dan Pulau Tiga Barat khususnya, dengan sumber anggaran berasal dari Kodim 0318/Natuna.

Bupati Natuna didampingi Komandan Kodim 0318/Natuna dan Kapolres Natuna serta undangan lainnya berkesempatan meninjau pelaksanaan pelayanan kesehatan dan sunatan massal di lokasi kegiatan. (Humas_Pro/Syam)

photo : eri

RILIS PERS, Nomor : 664  /IP/HUMAS-PROTOKOL/2018