SELAMAT DATANG di Situs Resmi Bagian Humas Sekretariat Daerah - Pemerintah Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau

Kemenkes Sosialisasi Penanganan Malaria dengan Jajaran Pemkab Natuna.

Penyakit malaria merupakan salah satu permasalahan kesehatan yang dihadapi saat ini, dimana salah satu penyebabnya adalah kurangnya kesadaran dalam menjaga kebersihan lingkungan. Walau belum pernah memakan korban, bukan tidak mungkin kedepan akan terjadi jika masyarakat tidak diberikan pemahaman dan kesadaran untuk melakukan pencegahan terhadap kembang biak nyamuk malaria.

Untuk itu dibutuhkan perhatian dan kerjasama dari semua pihak, baik pemerintah daerah melalui aparatur kesehatan, aparat setempat ditingkat Rukun Tetangga, Rukun Warga, Camat dan Lurah serta berbagai unsur terkait lainnya.

Hal tersebut dijelaskan Sekretaris Daerah Kabupaten Natuna, Wan Siswandi dalam pertemuan resmi dengan rombongan Kunjungan Kerja dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, bertempat di Ruang Rapat Kantor Bupati Natuna, Jalan Batu Sisir Bukit Arai Ranai, rabu (11/7) pagi. Dihadiri pula oleh beberapa pimpinan Organisasi Perangkat Daerah terkait, perwakilan dari satuan TNI, perwakilan dari RSUD, Puskesmas Ranai, Camat dan Lurah setempat.

Selanjutnya Wan Siswandi juga menyampaikan apresiasinya atas kunjungan tersebut sebagai salah satu bentuk kepedulian bersama terhadap upaya peningkatan mutu kesehatan masyarakat di perbatasan. Semoga dengan informasi yang akan disampaikan dapat menjadi acuan bagi meningkatkan mutu pelayanan kesehatan serta mewujudkan masyarakat yang sadar bahaya malaria.

Dikatakan bahwa sebagai daerah perbatasan, urusan sektor kesehatan masyarakat juga ditopang oleh sarana kesehatan yang dibangun oleh satuan TNI yang bertugas, dimana selain menjaga kesehatan personil, juga membuka pelayanan kesehatan bagi masyarakat luas.

Namun demikian urusan peningkatan kesehatan bukanlah tugas aparatur bidang medis dan paramedis semata, melainkan dinas terkait seperti Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Kehutanan, Camat, Lurah dan Kepala Desa juga memiliki peran yang tidak kalah pentingnya bagi membangun kesadaran masyarakat untuk terlibat langsung denganmenjaga lingkungan tetap bersih dan memberantas pembiakan nyamuk malaria.

Kasi Pencegahan Subbid Malaria Kementrian Kesehatan RI, Desrana Elizabet menyampaikan bahwa upaya pencegahan penularan penyakit malaria merupakan salah satu fokus Kementrian Kesehatan saat ini.

Menurutnya upaya ini akan dapat diselenggarakan secara efektif jika melibatkan masyarakat secara langsung, dimana salah satu langkah nyata melalui penyemprotan insektisida, pembiasaan diri dengan tidur memakai kelambu, serta memberantas tempat pembiakan nyamuk malaria diperkarangan rumah dan lingkungan sekitar.

Untuk itu Desrana mengharapkan kepada Pemerintah Daerah agar dapat lebih menggalakkan gotong royong dalam lingkungan, memerintahkan seluruh aparatur medis dan paramedis untuk terus melakukan sosialisasi agar informasi bahaya malaria dapat disampaikan kepada masyarakat bagi menumbuhkan kesadaran terhadap pentingnya kesehatan keluarga, terlebih lagi di Kabupaten Natuna masih terdapat permukiman yang sulit dijangkau sarana pelayanan kesehatan.(Humas_Pro/Endang)

photo : sofian

RILIS PERS, Nomor : 666  /IP/HUMAS-PROTOKOL/2018