SELAMAT DATANG di Situs Resmi Bagian Humas Sekretariat Daerah - Pemerintah Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau

Pemkab Natuna Dukung Medco Temukan Cadangan Migas di Perairan Subi

Wakil Bupati Natuna, Ngesti Yuni Suprapti menghadiri Rapat Koordinasi dengan pihak SKK Migas dan KKKS Migas dengan agenda pemaparan materi pelaksanaan Survei Seismik 3D pencarian sumur Minyak dan Gas Bumi di Perairan Natuna, dihadiri pula Ketua DPRD, FKPD, pimpinan OPD dan perwakilan masyarakat, bertempat di Ruang Rapat Kantor Bupati Natuna, Jalan Batu Sisir Bukit Arai, Ranai, rabu (5/9) siang.

Dalam sambutan pembukanya, Ngesti mengucapkan terima kasih atas kunjungan ini sekaligus pemaparan yang akan disampaikan oleh pihak SKK Migas dan KKKS Migas dihadapan segenap peserta pertemuan yang hadir sebagai presentasi terhadap pelaksanaan Survei 3D di Perairan Natuna.

Ngesti menjelaskan bahwa sejak ditetapkannya Kabupaten Natuna sebagai wilayah penghasil migas, menjadikan daerah ini sebagai penyumbang devisa bagi negara Indonesia. Namun sejauh ini, bagian yang didapat belum mencukupi untuk modal pembangunan mengingat kondisi geografis Natuna yang berbentuk kepulauan menyebabkan biaya pembangunan dan realisasi program kerja menjadi sangat tinggi.

Ngesti juga mengakui bahwa saat ini intervensi Pemerintah Pusat terhadap percepatan pembangunan daerah juga sedang diselenggarakan di Kabupaten Natuna, diantaranya pada sektor perikanan, pariwisata, pertahanan, migas dan pengendalian dampak lingkungan yang bertujuan untuk penguatan ketahanan sosial dan peningkatan kesejahteraan masyarakat diwilayah perbatasan.

Walaupun beberapa sektor sudah tampak realisasinya, seperti pada sektor pertahanan, perikanan dan pariwisata, namun sejauh ini peningkatan ekonomi masyarakat belum tumbuh secara signifikan sebagaimana yang diharapkan.

Oleh karenanya Pemerintah Daerah akan memberikan dukungan terhadap pelaksanaan survei pencarian sumber migas baru, dengan harapan jika sumber migas dapat ditemui, pihak kontraktor migas dapat segera melakukan eksploitasi yang akan berdampak pada peluang lapangan kerja bagi putra daerah dan realisasi program CSR terhadap pembangunan daerah menjadi lebih besar dari yang ada sebelumnya.

Selanjutnya Kepala Departemen Humas SKK Migas Sumbagut, Haryanto Syafri menerangkan bahwa saat ini Medco E & P, yang merupakan salah satu Kontraktor KKS Migas sedang melakukan Eksplorasi seismik 3D di prospek Area Tuna Timur yang berjarak 20 mil dari bibir pantai Pulau Subi untuk mencari titik cadang migas baru di wilayah Kabupaten Natuna.

Haryanto menjelaskan bahwa saat ini harga minyak bumi naik sekitar 60 sampai 70 dolar perbarel. Mengingat kondisi sumur migas yang ada semakin menipis, pihaknya harus menemukan lokasi sumur migas produktif yang baru untuk menopang kebutuhan migas nasional maupun dipasar internasional.

Haryanto juga menjelaskan bahwa pada tahun 2019 mendatang, SKK Migas juga akan melakukan Eksplorasi di Blok Tuna yang berada di perairan Kecamatan Pulau Laut yang berbatasan langsung dengan negara Vietnam.

Oleh karenanya, pihaknya mengharapkan dukungan baik dari Pemerintah Daerah, para pemangku kepentingan dan masyarakat pada umumnya, agar rencana ini dapat diselenggarakan dengan baik.

Selanjutnya Community Investment Manager PT. Medco E & P, Ineke Sundari mengatakan bahwa perusahaan ini merupakan salah satu kontraktor migas nasional yang bermitra dengan KKKS Migas yang saat ini sedang beroperasi di South Natuna Block B perairan Natuna.

Sedangkan dalam operasionalnya, Medco E & P juga turut mendukung percepatan pembangunan daerah serta berupaya mewujudkan kemandirian ekonomi masyarakat disekitar wilayah operasi dengan cakupan wilayah Kabupaten Natuna dan Kepulauan Anambas.

Adapun realisasi Program Community Social Responsibility (CSR) yang digulirkan kepada masyarakat wilayah operasi migas, meliputi upaya peningkatan taraf hidup masyarakat, peningkatan mutu pendidikan, infrastruktur dasar dan peningkatan sumberdaya manusia.

Menurut Ineke, keberhasilan dalam menemukan lokasi sumber minyak yang baru akan dapat memberikan manfaat kepada masyarakat Natuna khususnya dan mendukung upaya percepatan pembangunan daerah pada umumnya (Humas_Pro/Diana, Sri)

photo : izar

RILIS PERS, Nomor : 689 /IP/HUMAS-PROTOKOL/2018