SELAMAT DATANG di Situs Resmi Bagian Humas Sekretariat Daerah - Pemerintah Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau

Rapat Kerja Kesehatan Daerah Kabupaten Natuna Tahun 2017. Rapat Kerja Kesehatan Daerah Kabupaten Natuna Tahun 2017.

Program Indonesia Sehat dilaksanakan dengan menegakkan tiga pilar, yaitu penerapan paradigma sehat, penguatan pelayanan dan pelaksanaan Jaminan kesehatan, dimama.paradigma sehat memiliki prinsip bahwa puskesmas wajib mendorong seluruh pemangku Kepentingan untuk berkomitmen dalam upada dan saya ya pencegahan dalam mengurangi resiko kesehatan yang dihadapi individu, keluarga, kelompok dan masyarakat.
 
Hal ini disampaikan Wakil Bupati Natuna, Dra. Hj. Ngesti Yuni Suprapti MA, dalam sambutannya ketika membuka Rapat Kerja Kesehatan Daerah (Rakerkesda) Kabupaten Natuna Tahun 2017, di Aula Natuna Hotel Ranai Darat, senin (11/09) siang dihadiri oleh Anggota DPRD (Wan Sopian), Fkpd, Pimpinan OPD, Pengurus PKK dan kader serta beberapa pimpinan ormas dan LSM.
 
Beliau berharap agar kedepannya paradigma sehat benar_benar diterapkan dalam membangun kesehatan masyarakat termasuk dalam pelaksanaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), karena JKN. Saat ini masih lebih memperhatikan penyemhuhan penyakit dan pemulihan kesehatan bagi perorangan.
 
Selain itu puskesmas juga harus meningkatkan kerjasama dengan jejaringnya, yaitu fasilitas pelayanan kesehatan tingkat pertama lain diwilayahnya agar mendapat dukungan dalam upaya penyelesaian berbagai masalah kesehatan kesehatan keluarga.
 
Pada kesempatan yang sama Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Drs. Abdul Gani, M.Si menyampaikan bahwa dalam rangk mensukseskan agenda prioritas pembangunan (nawacita), terutama pada point Nomor 5 (lima) yaitu “Meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia” dimana melalui pembangunan sektor kesehatan bertujuan untuk terciptanya koordinasi perencanaan dan penganggaran Program Indonesia Sehat_ Pendekatan Keluarga (PIS_PK) dan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS),
 
Beliau menambahkan bahwa membangun komitmen bertujuan untuk mendapatkan dukungan dari semua pihak terhadap PIS_PK dan Germas, baik dukungan politik maupun teknis dan individu untuk menjadikan program tersebut sebagai program urusan bersama.
 
Adapun PIS_PK sudah diluncurkan pada tanggal 22 s.d 24 April 2017 yang lalu dirumah keluarga Bupati Natuna, Wakil Bupati Natuna dan Sekretaris Daerah.
 
Adapun peserta kegiatan ini diikuti oleh seluruh Kepala Bidang dilingkungan Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana.Kabupaten Natuna, Kepala Puskesmas.Se_ Kabupaten Natuna, Penanggungjawab Admin Aplikasi Keluarga Sehat di Puskesmas dengan narasumber yang hadir diantaranya berasal dari Pusat Data dan Informasi dan Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau, PB3D Kabupaten Natuna, BPKPAD Kabupaten Natuna.
( Humas_ P/ Sri & Diana)
photo : ery
RILIS PERS, Nomor : 432 /IP/HUMAS-PROTOKOL/2017